GET IP, GET NAME, IP TO NAME, NSLOOKUP, SERTA APLIKASI CLIENT SERVER PADA JAVA

by Monday, May 08, 2017 0 comments
Tugas Pemrograman Jaringan kali ini adalah mempelahari program untuk:

1.      Mendapatkan IP
Untuk mendapatkan sebuah IP Address dari sebuah PC atau Laptop yang sedang digunakan dapat dilakukan dengan memasukkan koding sebagai berikut:


Code tersebut memiliki class dengan nama kelas getIP dengan mengambil dari library java.net guna memberi izin program agar dapat berkomunikasi melalui sebuah jaringan. Kemudian terdapat syntax host = InetAddress.getLocalHost(); untuk mendapatkan hak akses localhost dari PC dengan memberikan nilai InitAddress pada host yaitu null. Selanjutnya IPAddress akan ditampung dengan menggunakan syntax byte ip[]=host.getAddress(). Selanjutnya pada percabangan if akan menampilkan IPAddress jika variable i lebih besar dari 0. Berikut adalah hasil akhir dari code diatas:


2.      Mendapatkan nama
Untuk mendapatkan nama dari PC atau laptop yang sedang digunakan dapat memasukkan code sebagai berikut:


Code diatas memiliki class dengan nama getName, dan mendeklarasikan variable InitAddress dengan nilai null. Selanjutnya program akan memberikan nilai dari hostname.


3.      Mengubah IP menjadi Nama
Untuk mengubah IP Address menjadi nama dari PC atau laptop yang sedang digunakan dapat memasukkan code sebagai berikut:


Code dengan nama class IPtoName tersebut untuk menampilkan IP Address yang telah diberikan dan menjadikannya sebagai nama host. Pada Syntax getHostName guna mengecek IPAddress yang telah di masukkan oleh user sebelumnya. Jika inputan tersebut bernilai benar maka program akan menampilkan nama PC atau Laptop yang sedang digunakan, jika inptan tersebut salah maka program akan menampilkan pernyataan “invalid IP-mafoormed IP”.

4.      Mendapatkan NSLookUp
Untuk menampilkan IP Address jika user menampilkan nama user dengan menggunakan code sebagai berikut:


Code dengan nama class NsLookUp berfungsi untuk memeriksa nama PC yang telah dimasukkan. Jika benar kemudian program akan menampilkan IP Address dan menjadikan IP Address tersebut NsLookUp jika salah maka program akan memunculkan notification “Unknown Host”

5.     Dan penguhian aplikasi client server
untuk penghunian aplikasi client server dapat menggunakan code sebagai berikut:


Code program dengan nama class ss diatas menyatakan bahwa port akan disimpan dengan nilai 5000 dan kemudian akan memberikan nilai null pada server socket. Setelah itu program akan membuat server baru dengan port testport. Kemudian menunggu respon client guna mendaatkan koneksi dengan server. Jika client berhasil medapatkan koneksi, maka client dapat melakukan chatting dengan server, jika gagal maka program akan tertutup secara otomatis.



Selanjutnya pada class simpleClient.java akan memberikan hak akses untuk membuka koneksi ke server melalui remote_port. Dapat inputan baru yang merupakan kata kunci untuk melakukan chatting dengan server.

Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment