#petgame
SEJARAH GAME
Pada tahun 1952, seorang mahasiswa
Universitas Cambridge AS Gouglas membuat game pertama berupa permainan OXO
(tic-tac-toe) dalam bentuk grafik. Permainan ini
ia buat dan kembangkan untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi
antara manusia dan komputer.
Pada tahun 1961, Steve Russel menyusul
dengan game berjudul Spacewar yang dibuat dalam komputer
mainframe DEC PDP-1 saat menjalani studi di MIT(Massachute Institute of
Technology). Pada saat ini, game yang dibuat tentu hanya untuk hiburan dan lebih ke arah
pengembangan teknologi informatika.
Pada awal tahun 1966, SEGA memperkenalkan
sebuah permainan elektro-mekanis berjudul Periscope. Game ini merupakan sebuah
simulator sederhana tentang sebuah kapal selam, yang harus menenggelamkan
sejumlah kapal selam lain milik musuh.
Tahun 1971, NolanBushnell dan ted Dabney
membuat versi coin-operated arcade dari Spacewar yang dinamai
Space Computer. Pada tahun yang sama, mereka mendirikan perusahaan pembuat
video game yang didistribusikan melalui perusahaan lain yaitu
Atari.
Konsol game Baer yang prototipenya diberi
nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnavox Odyssey (Mei 1972),
berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah
switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol
video game pertama di dunia.
Generasi kedua (biasa disebut sebagai awal
era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis
Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Pada 1976, Exidy mengembangkan Death Race yang kemudian menjadi
kontroversi karena unsur kekerasan yang ada. Pada 1977, Atari akhirnya
mengeluarkan home console, Atari2600, dengan menggunakan cartridge sebagai
media penyimpanan.
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983
dengan dipasarkannya Japan Family Computer atau lebih dikenal dengan nama
FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh
dunia).
Generasi ke empat disebut-sebut sebagai
“zaman emas” dalam dunia video game. Masa di mana konsol 16-bit muncul dan
membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga
kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo. Pada
tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang
memukau perhatian pecinta game, khususnya Amerika. Selanjutnya, Sega merilis
game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini
lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik
dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan
game buatan Nintendo.
Era 32-bit dan 64-bit ini diawali dengan
penyelenggaraan Electronic Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los
Angeles Convention Center. Inilah ajang hiburan dan game terbesar di Amerika
yang masih terus diadakan hingga sekarang. Selanjutnya, Sony merilis Sony
PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini,
persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke
CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik
CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih
besar. Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan
memiliki delapan prosesor. Sayang, konsol ini harus tersingkirkan oleh dominasi
Nintendo dan Sony.
Generasi keenam dibuka dengan peluncuran
konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol unik ini memiliki fitur game
online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega gulung tikar
dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada
tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini,
keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki
peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam,
yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar
ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun mengeluarkan
versi ekonomis dari PS, yaitu PSone.
Pada generasi ketujuh ini konsol game
memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi
ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi
dan koneksi internet. Sehingga memungkinkan masing-masing device saling
terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah
ruang. Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih
dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya
mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti
Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii
Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.
Sumber :
PENGELOMPOKKAN GAME
PENGERTIAN
DARI GAME ONLINE
Game Online atau sering disebut
Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu
jaringan (baik LAN maupun Internet).
TIPE-TIPE
GAME ONLINE
- First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
- Real-Time
Strategy,
merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi
pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan
tetapi banyak karakter.
- Cross-Platform
Online,
merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang
berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara
online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game
yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara
online).
- Browser
Games, merupakan
game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana
sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung
javascript, php, maupun flash.
- Massive
Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia
yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi
langsung seperti halnya dunia nyata
BERDASARKAN
TEKNOLOGI GRAFIS (Tampilan Game)
- 2D (2
Dimensi), game
yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak
membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat
apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online
sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan
masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.
- 3D (3
Dimensi), game
bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam
penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan
kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara
keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi
komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut
ditampilkan secara sempurna.
BERDASARKAN
CARA PEMBAYARAN
Maksud dari cara pembayaran ini
adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya.
Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
- Pay Per Item, game yang berada pada
category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara
gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila
pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka
yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang
paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost
Online,dll.
- Pay per Play, game ini harus dibeli dan
diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan
mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah
program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War
of Warcraft,dll.
PENGERTIAN DARI GAME OFFLINE
Game Offline adalah permain yang
tidak membutuhkan jaringan internet dan bisa ditamatkan. Misalnya menang
melawan bos terakhir, maka jika melanjutkannya lagi akan balik ke cerita atau
stage awal. Berbeda dengan game online, permainannya tidak akan pernah
tamat-tamat. Walaupun sudah mencapai level maksimal kita masih dapat
memainkannya pada level itu. Sedangkan bagi offline jika telah mencapai level
maksimal akan balik ke level awal.
GAME
OFFLINE BERDASARKAN GENRE
·
Real
Time Strategy (RTS), Gameplay di
kenali dengan memperoleh resources (sumber daya alam), membangun base (markas),
meriset teknologi dan membuat atau membangun units. Untuk menang dalam genre
ini, player harus menggunakan taktik-taktik jitu, seperi kapan waktu untuk
menyerang, bagaimana membangun pertahanan yang baik dan berapa unit yang harus
dikerahkan. Beberapa game yang termasuk dalam genre ini, seperti seri Age of
Empires , seri Warcraft, Dawn of War, Comand and Conguer dan masih banyak lagi.
·
First Person
Shooter, Sering di
singkat FPS. Menembak dan bertempur dari sudut pandang karakter utama yang
dikendalikan oleh player. Di sini kita hanya melihat tangan dan senjata dari
karakter yang kita mainkan. Beberapa game yang masuk dalam genre ini, seperti Killzone,
Halo, Call of Duty, Medal Of Honor, Battlefield, Counter Strike, Crysis series
dan lain-lain.
·
Sport
(olah raga), Sesuai
dengan namanya, kita bermain olahraga virtual. Dalam permainan sepak bola kita
menggerakkan beberapa karakter untuk passing, shooting dan mencetakkan gol ke
gawang lawan. Dalam Bola Basket kita mengerakkan karakter untuk melempar dan
memasukkan bola ke keranjang lawan. Dalam permainan olahraga atletik,
menggerakkan sang atlet untuk berlari, melompat, melempar dan lain-lain.
·
Advanture,Dalam genre game ini kita
berpetualang ke dalam dunia virtual. Selama berpetualang, kita juga ikut
mengembangkan karakter yang dimainkan menjadi lebih kuat ditentukan level
karakter, biasanya game ini bertujuan akhir untuk melawan dan membunuh bos terkuat.
Selama dalam mencapai tujuan itu kita menempa kekuatan dan kemampuan karakter
dengan melawan monster-monster kecil agar sanggup melawan bos terakhir.
·
Simulation, Memainkan simulasi kehidupan nyata
atau kenyataan fiksi, terbagi kepada tiga sub-genres:
· Construction
Management Simulation, Player membangun, memperluas atau memperbesar sebuah komunitas
bohong-bohongan dengan resource (sumber daya) yang terbatas, Seperti Sims City
·
Life
Simulation (simulasi kehidupan), Di sini player menghidupkan atau mengendalikan satu
atau lebih manusia virtual. Merawat dan membesarkan suatu populasi atau
orgnanisme. Pemain di beri kemampuan untuk mengendalikan kehidupan suatu
makhluk atau manusia. Memberi kehidupan kepada manusia virtual, seperti mambangunkan
rumah untuknya, makan, pekerjaan bahkan pasangan, persis dengan kehidupan
manusia nyata. The Sims Series masuk dalam genre ini.
·
Vehicle
Simulation (simulasi kendaraan), Pemain bisa mengoperasikan berbagai jenis kendaraan
dengan interprestasi yang seperti aslinya. Seperti mobil, pesawat terbang,
kendaraan air, kendaraan militer dan berbagai kendaraan lainnya. Di simulator
pesawat terbang Kita bertindak sebagai pilot. Melatih kita dalam menerbangkan
pesawat dari mulai take off, berada di ketinggian sampai denganlanding kembali
ke landasan pacu.
ASPEK BISNIS DALAM DUNIA GAME
Berikut daftar macam-macam pekerjaan yang membutuhkan
passion dalam gaming:
1.
Game Developer, DEVELOPER adalah perusahaan atau individu yang MEMBUAT
game/program. Mereka yang mengerti secara teknis seluk beluk dari
bug/error/cheat dan sebagainya.
2.
Game Master atau
Moderator Game, GM memang memiliki priviledge khusus
didalam game yang itu juga terbatas akan hal-hal tertentu saja… dan bisa
dipastikan juga fungsi GM untuk memfasilitasi ide, masukan, error, bug, cheat
dari user yang kemudian diteruskan juga ke pihak DEVELOPER untuk ditindak
lanjuti.
3.
Quality Assurance, QA fokus pada proses untuk membuat suatu produk, QA befungsi dalam
defect prevention, QA tidak secara langsung bertanggungjawab terhadap kualitas
dari produk yang dihasilkan, pembuat produklah yang seharusnya bertanggungjawab
terhadap kualitas dari produk yang dihasilkan, dan QA bukan pembuat produk
kecuali bahwa QA membuat kebijakan, standard dan prosedur untuk memastikan
defect prevention benar-benar ada. QA merupakan issue departemen.
4.
Distributor Aksesoris
Gaming
5.
Tim e-sport
6. Programmer, bagian
dimana kamu akan mengerjakan koding dari gamenya, disini kamu bertanggung jawab
untuk memastikan gamenya berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan konsep
yang telah dibuat.
7.
Game Design, orang yang merancang aturan dari sebuah permainan.
Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi
environment game tersebut berada, objektif dari game tersebut, mekanik dan flow
dari game, hingga merancang tiap level dari sebuah game. Jadi Game Designer
tidak berurusan dengan proses pembuatan visual dari game ataupun code di dalam
game.
8.
Sound Design, Orang yang bertanggung jawab atas segala aspek suara
yang terdapat dalam sebuah film. Bertanggung jawab terhadap hasil akhir dari
desain suara dan tiap track suara berdasarkan fungsinya. Seorang Sound
Designer harus menguasai teori-teori dasar suara dan pengetahuan teknis. Ia
dituntut tidak hanya mendesain suara dari suara yang sudah ada, tetapi juga
harus bisa menciptakan suara-suara baru
9.
Tester
10.
Artis dan Animator, seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan
membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang
disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti film, televisi, video
game, dan Internet. Biasanya,
sebuah karya animasi membutuhkan
beberapa animator. Cara kerja dalam menciptakan gambar tersebut, sangat
bergantung dari gaya dan keahlian mereka.
11.
Consultant
12.
Media
sumber:
3D ENGINE DALAM GAME
Game engine merupakan sebuah sistem
framework yang di design untuk membuat dan menciptakan sebuah video game.
Terdapat berbagai jenis game engine yang di design untuk sebuah konsol
permainan video, mobile device dan untuk komputer. Fungsional inti biasanya disediakan
oleh mesin permainan mencakup mesin render(“Renderer”) untuk 2D dan 3D grafis,
fisik mesin atau collision detection ( dan collision response), suara,
pengkodean, animasi, kecerdasan buatan, networking, streaming, memory
management, threading, localization support, dan scene graph. Proses untuk
membuat sebuah game biasanya murah dalam sebagian besar dengan menggunakan
kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda. Atau untuk
membuat ini menjadi mudah dalam membagi games kedalam berbagai platform.
Saya membatasi list untuk beberapa game
engine penting. Karena :
·
Tersedia untuk di download sekarang juga secara gratis
·
Beberapa termasuk open source
·
Berikut ini adalah game engine secara gratis
· Unreal engine 4. Mungkin banyak diantara kalian yang belum tahu apa itu
unreal engine. Unreal Engine adalah sebuah Game Engine yang banyak digunakan
oleh para developer game untuk membuat sebuah game. Sebenarnya banyak engine
yang bisa digunakan oleh para developer hanya saja saat ini Unreal Engine
adalah yang terbaik karena sebuah game yang di persenjatai Unreal Engine selalu
saja menjadi yang terbaik karena mempunyai grafis yang begitu memukau.
Lighting, shadow dan detail nya hampir mendekati grafis console game.
·
Cryengine 3 SDK
·
Ogre3D
·
Source engine
·
Panda 3D
·
Shive3D
·
Unity 3D
·
Leadwerks
·
Terque 3D
·
Blender
·
Neoaxis
·
C4 engine
·
Esenthel engine
·
iDtech 4
·
Irrlicht engine
Sumber :
UNITY 3D
Tagline
Unity merupakan
ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu
set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D
interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap
pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan
studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan
biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan
Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan
permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.
Unity Software
Unity merupakan suatu
aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain
untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang
profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana.
Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk
membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game.
Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX.
Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format
dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi
pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii,
iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat
digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi
arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat
menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung
oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac.
Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox
360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang
diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5
perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design
Awards.
Server aset dari Unity dapat
digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan
dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file
multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu
dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor
Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah
dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga
berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license
dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam
bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada
dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi
Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar
splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan
tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan
kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang
mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya,
dengan cara yang sama juga pada Android.
Sejarah Unity dan
Perkembangannya
Unity 3d adalah salah
satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga
merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan
untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat dijelaskan sebagai
salah satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game
engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: Director
dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka ( Director dan Torque )
dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis yang digunakan untuk
pengembangan aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun
perkembangannya, sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai
versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk
Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity
pra – rilis , telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005,
sementara itu Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat
komersial pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian
yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk
Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi
pengembang multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan
aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game
console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.
Sejak unity secara resmi
dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan
fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus
berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0
yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih
didalam pre order, yang mana artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya
software masih belum rilis untuk pengiriman.
Unity ada atau datang
dengan beberapa pilihan perijinan (license), berkisar dari yang gratis untuk
Unity paket utama ( dasar ) untuk Unity pro, untuk satu license dijual
dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro
menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis
memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular) , dan desain
untuk game online menggunakan Unity watermark.
Lebih dari beberapa
tahun banyak game yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa
lebih ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan:
Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya
pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA
Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir ,
yang mana banyak game baru yang dapat berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan
game untuk Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang
dibutuhkan oleh Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website Unity.
Fitur-fitur
·
Rendering Graphics engine yang
digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux,
PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan
untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient
occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and
full-screen post-processing effects.
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender,
modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and
Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan
diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu
memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program
shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak
varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat
mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang
kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat
menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity
mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional
lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows
dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari
grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat
FPS.
·
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6,
sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat
menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax
ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax
bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity
menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
·
Asset Tracking Unity juga menyertakan
Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan
script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio
dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis
compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan
vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra),
built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer
networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
·
Platforms Unity support
pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol
untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity
juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap
platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows
Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash,
PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi
secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada
game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga
rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in
Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi
platform berikutnya.
·
Asset Store Diluncurkan November
2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor.
Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D
models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial
dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.
·
Physics Unity juga memiliki
suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia
(sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth
pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers
Platform yang mendukung :
Windows
·
Linux
·
Mac OSX
·
Android
·
iOS
·
windows phone
·
apple
·
PS3
·
PS4
·
PS vita
·
Xbox One
·
Xbox 360
·
Wii
·
androidTV
·
gearVR
·
PS
sumber:
Ogre 3D
OGRE 3D (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah
sebuah oriented scene, yang fleksibel di tulis dalam bahasa C++ yang di rancang
untuk membuat lebih mudah dan lebih intuitif bagi pengembang untuk menghasilkan
aplikasi yang bermanfaat.
Banyak mesin engine lainnya, secara teknis
mengesanka, kekurangan design kohesif dan dokumentasi yang konsisten untuk
memungkinkan mereka digunakan secara efektif. Banyak dari mereka yang memiliki
fitur daftar panjang, tetapi memiliki nuansa sekelompok demo teknologi, tanpa
visi yang jelas.
Fitur fitur yang disediakan ogre 3D adalah
:
·
Direct 3D atau open GL dan WebGL
·
Windows, linux, Mac OSX, android, iOS, windows phone
Game Maker
dibuat oleh yoyo games yang digunakan
untuk membuat game 2D. Game maker: Studio memperbolehkan kamu untuk mengexport
game secara langsung ke windows dekstop, mac OS X , ubuntu, android, iOS,
windows store, app store, html5, tizen, amazon, fireTV, playstation vita,
playstation 3, playstation 4, dan Xbox One.
Fitur yang disediakan oleh game maker
adalah :
·
Drag and drop
·
Game maker language berlandaskan bahasa pemrograman C
·
Mendapatkan real time analytics
·
source control
·
resource tree
·
extension
·
push notification
·
networking
·
audio
·
marketplace
·
player
sumber :
0 comments:
Post a Comment