GAME

by Saturday, March 05, 2016 0 comments

#petgame





SEJARAH GAME
 Pada tahun 1952, seorang mahasiswa Universitas Cambridge AS Gouglas membuat game pertama berupa permainan OXO (tic-tac-toe) dalam bentuk grafik. Permainan ini ia buat dan kembangkan untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi antara manusia dan komputer.
Pada tahun 1961, Steve Russel menyusul dengan game berjudul Spacewar yang dibuat dalam komputer mainframe DEC PDP-1 saat menjalani studi di MIT(Massachute Institute of Technology). Pada saat ini, game yang dibuat tentu hanya untuk hiburan dan lebih ke arah pengembangan teknologi informatika.
Pada awal tahun 1966, SEGA memperkenalkan sebuah permainan elektro-mekanis berjudul Periscope. Game ini merupakan sebuah simulator sederhana tentang sebuah kapal selam, yang harus menenggelamkan sejumlah kapal selam lain milik musuh.
Tahun 1971, NolanBushnell dan ted Dabney membuat versi coin-operated arcade dari Spacewar yang dinamai Space Computer. Pada tahun yang sama, mereka mendirikan perusahaan pembuat video game yang didistribusikan melalui perusahaan lain yaitu Atari.
Konsol game Baer yang prototipenya diberi nama Brown Box, kemudian meluncur dengan nama Magnavox Odyssey (Mei 1972), berisi 16 game built-in yang dapat diganti-ganti dengan menggunakan sebuah switch. Terjual sampai 200.000 unit, Magnavox Odyssey tercatat sebagai konsol video game pertama di dunia.
Generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Pada 1976, Exidy mengembangkan Death Race yang kemudian menjadi kontroversi karena unsur kekerasan yang ada. Pada 1977, Atari akhirnya mengeluarkan home console, Atari2600, dengan menggunakan cartridge sebagai media penyimpanan.
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Japan Family Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM (kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia).
Generasi ke empat disebut-sebut sebagai “zaman emas” dalam dunia video game. Masa di mana konsol 16-bit muncul dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Era ini juga kian memanas saat terjadinya persaingan seru antara Sega dan Nintendo. Pada tahun 1990, Sega menggelontorkan Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya Amerika. Selanjutnya, Sega merilis game yang akhirnya menjadi maskot Sega, Sonic the Hedgehog (1991). Game ini lagi-lagi mencengangkan para pecinta game, karena game tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang merupakan game buatan Nintendo.
Era 32-bit dan 64-bit ini diawali dengan penyelenggaraan Electronic Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center. Inilah ajang hiburan dan game terbesar di Amerika yang masih terus diadakan hingga sekarang. Selanjutnya, Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Untuk kali ini, persaingan dimenangkan Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. Tentu saja developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar. Sega pun merilis Sega Saturn, konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki delapan prosesor. Sayang, konsol ini harus tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.
Generasi keenam dibuka dengan peluncuran konsol terakhir Sega, Dreamcast (1999). Konsol unik ini memiliki fitur game online, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang, Sega gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Pada tahun 2001, Sony menggeber PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Pada era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS, yaitu PSone.
Pada generasi ketujuh ini konsol game memiliki grafis 3D yang sangat real. selain itu juga pada generasi ini konsol game juga menggunakan fitur-fitur yang ada di komputer, seperti wifi dan koneksi internet. Sehingga memungkinkan masing-masing device saling terhubung dan para pengguna bisa bermain secara multiplayer walaupun terpisah ruang. Di generasi kedelapan, konsol game semakin canggih dengan berbagai dukungan sensor hingga hadirnya fitur-fitur yang tidak hanya mampu sebagai konsol game, namun juga mampu sebagai Multimedia-Machine. Seperti Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move.

Sumber :

PENGELOMPOKKAN GAME

PENGERTIAN DARI GAME ONLINE
Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).

TIPE-TIPE GAME ONLINE
  • First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
  • Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
  • Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
  • Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
  • Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata
 BERDASARKAN TEKNOLOGI GRAFIS (Tampilan Game
  • 2D (2 Dimensi), game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.
  • 3D (3 Dimensi), game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara sempurna.
 BERDASARKAN CARA PEMBAYARAN
Maksud dari cara pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
  • Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
  • Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.
PENGERTIAN DARI GAME OFFLINE
Game Offline adalah permain yang tidak membutuhkan jaringan internet dan bisa ditamatkan. Misalnya menang melawan bos terakhir, maka jika melanjutkannya lagi akan balik ke cerita atau stage awal. Berbeda dengan game online, permainannya tidak akan pernah tamat-tamat. Walaupun sudah mencapai level maksimal kita masih dapat memainkannya pada level itu. Sedangkan bagi offline jika telah mencapai level maksimal akan balik ke level awal.

GAME OFFLINE BERDASARKAN GENRE
·         Real Time Strategy (RTS), Gameplay di kenali dengan memperoleh resources (sumber daya alam), membangun base (markas), meriset teknologi dan membuat atau membangun units. Untuk menang dalam genre ini, player harus menggunakan taktik-taktik jitu, seperi kapan waktu untuk menyerang, bagaimana membangun pertahanan yang baik dan berapa unit yang harus dikerahkan. Beberapa game yang termasuk dalam genre ini, seperti seri Age of Empires , seri Warcraft, Dawn of War, Comand and Conguer dan masih banyak lagi.

·         First Person Shooter, Sering di singkat FPS. Menembak dan bertempur dari sudut pandang karakter utama yang dikendalikan oleh player. Di sini kita hanya melihat tangan dan senjata dari karakter yang kita mainkan. Beberapa game yang masuk dalam genre ini, seperti Killzone, Halo, Call of Duty, Medal Of Honor, Battlefield, Counter Strike, Crysis series dan lain-lain.

·         Sport (olah raga), Sesuai dengan namanya, kita bermain olahraga virtual. Dalam permainan sepak bola kita menggerakkan beberapa karakter untuk passing, shooting dan mencetakkan gol ke gawang lawan. Dalam Bola Basket kita mengerakkan karakter untuk melempar dan memasukkan bola ke keranjang lawan. Dalam permainan olahraga atletik, menggerakkan sang atlet untuk berlari, melompat, melempar dan lain-lain.

·         Advanture,Dalam genre game ini kita berpetualang ke dalam dunia virtual. Selama berpetualang, kita juga ikut mengembangkan karakter yang dimainkan menjadi lebih kuat ditentukan level karakter, biasanya game ini bertujuan akhir untuk melawan dan membunuh bos terkuat. Selama dalam mencapai tujuan itu kita menempa kekuatan dan kemampuan karakter dengan melawan monster-monster kecil agar sanggup melawan bos terakhir.

·         Simulation, Memainkan simulasi kehidupan nyata atau kenyataan fiksi, terbagi kepada tiga sub-genres:

·  Construction Management Simulation, Player membangun, memperluas atau memperbesar sebuah komunitas bohong-bohongan dengan resource (sumber daya) yang terbatas, Seperti Sims City

·         Life Simulation (simulasi kehidupan), Di sini player menghidupkan atau mengendalikan satu atau lebih manusia virtual. Merawat dan membesarkan suatu populasi atau orgnanisme. Pemain di beri kemampuan untuk mengendalikan kehidupan suatu makhluk atau manusia. Memberi kehidupan kepada manusia virtual, seperti mambangunkan rumah untuknya, makan, pekerjaan bahkan pasangan, persis dengan kehidupan manusia nyata. The Sims Series masuk dalam genre ini.

·         Vehicle Simulation (simulasi kendaraan), Pemain bisa mengoperasikan berbagai jenis kendaraan dengan interprestasi yang seperti aslinya. Seperti mobil, pesawat terbang, kendaraan air, kendaraan militer dan berbagai kendaraan lainnya. Di simulator pesawat terbang Kita bertindak sebagai pilot. Melatih kita dalam menerbangkan pesawat dari mulai take off, berada di ketinggian sampai denganlanding kembali ke landasan pacu.

ASPEK BISNIS DALAM DUNIA GAME

Berikut daftar macam-macam pekerjaan yang membutuhkan passion dalam gaming:
1.     Game Developer, DEVELOPER adalah perusahaan atau individu yang MEMBUAT game/program. Mereka yang mengerti secara teknis seluk beluk dari bug/error/cheat dan sebagainya.
2.     Game Master atau Moderator Game, GM memang memiliki priviledge khusus didalam game yang itu juga terbatas akan hal-hal tertentu saja… dan bisa dipastikan juga fungsi GM untuk memfasilitasi ide, masukan, error, bug, cheat dari user yang kemudian diteruskan juga ke pihak DEVELOPER untuk ditindak lanjuti.
3.     Quality Assurance, QA fokus pada proses untuk membuat suatu produk, QA befungsi dalam defect prevention, QA tidak secara langsung bertanggungjawab terhadap kualitas dari produk yang dihasilkan, pembuat produklah yang seharusnya bertanggungjawab terhadap kualitas dari produk yang dihasilkan, dan QA bukan pembuat produk kecuali bahwa QA membuat kebijakan, standard dan prosedur untuk memastikan defect prevention benar-benar ada. QA merupakan issue departemen.
4.     Distributor Aksesoris Gaming
5.     Tim e-sport
6.    Programmer, bagian dimana kamu akan mengerjakan koding dari gamenya, disini kamu bertanggung jawab untuk memastikan gamenya berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan konsep yang telah dibuat.
7.     Game Design, orang yang merancang aturan dari sebuah permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi environment game tersebut berada, objektif dari game tersebut, mekanik dan flow dari game, hingga merancang tiap level dari sebuah game. Jadi Game Designer tidak berurusan dengan proses pembuatan visual dari game ataupun code di dalam game.
8.     Sound Design, Orang yang bertanggung jawab atas segala aspek suara yang terdapat dalam sebuah film. Bertanggung jawab terhadap hasil akhir dari desain suara dan tiap track suara berdasarkan fungsinya. Seorang Sound Designer harus menguasai teori-teori dasar suara dan pengetahuan teknis. Ia dituntut tidak hanya mendesain suara dari suara yang sudah ada, tetapi juga harus bisa menciptakan suara-suara baru
9.     Tester
10.  Artis dan Animator, seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat yang disebut dengan frame. Animator dapat bekerja dalam berbagai bidang seperti filmtelevisivideo game, dan Internet. Biasanya, sebuah karya animasi membutuhkan beberapa animator. Cara kerja dalam menciptakan gambar tersebut, sangat bergantung dari gaya dan keahlian mereka.
11.  Consultant
12.  Media

sumber:

3D ENGINE DALAM GAME
Game engine merupakan sebuah sistem framework yang di design untuk membuat dan menciptakan sebuah video game. Terdapat berbagai jenis game engine yang di design untuk sebuah konsol permainan video, mobile device dan untuk komputer. Fungsional inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render(“Renderer”) untuk 2D dan 3D grafis, fisik mesin atau collision detection ( dan collision response), suara, pengkodean, animasi, kecerdasan buatan, networking, streaming, memory management, threading, localization support, dan scene graph. Proses untuk membuat sebuah game biasanya murah dalam sebagian besar dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda. Atau untuk membuat ini menjadi mudah dalam membagi games kedalam berbagai platform.
Saya membatasi list untuk beberapa game engine penting. Karena :
·         Tersedia untuk di download sekarang juga secara gratis
·         Beberapa termasuk open source
·         Berikut ini adalah game engine secara gratis  
·    Unreal engine 4. Mungkin banyak diantara kalian yang belum tahu apa itu unreal engine. Unreal Engine adalah sebuah Game Engine yang banyak digunakan oleh para developer game untuk membuat sebuah game. Sebenarnya banyak engine yang bisa digunakan oleh para developer hanya saja saat ini Unreal Engine adalah yang terbaik karena sebuah game yang di persenjatai Unreal Engine selalu saja menjadi yang terbaik karena mempunyai grafis yang begitu memukau. Lighting, shadow dan detail nya hampir mendekati grafis console game.
·         Cryengine 3 SDK
·         Ogre3D
·         Source engine
·         Panda 3D
·         Shive3D
·         Unity 3D
·         Leadwerks
·         Terque 3D
·         Blender
·         Neoaxis
·         C4 engine
·         Esenthel engine
·         iDtech 4
·         Irrlicht engine

Sumber :

UNITY 3D
Tagline
Unity merupakan ekosistem pengembangan game: mesin render yang kuat terintegrasi dengan satu set lengkap alat intuitif dan alur kerja yang cepat untuk membuat konten 3D interaktif, penerbitan multiplatform yang mudah, ribuan kualitas, aset siap pakai di Asset Store dan berbagi pengetahuan di komunitas.
Untuk developer dan studio independen, Unity dengan demokratisasi ekosistem menghancurkan waktu dan biaya hambatan untuk menciptakan permainan unik dan indah. Mereka menggunakan Unity untuk membangun penghidupan melakukan apa yang mereka suka: menciptakan permainan yang menghubungkan dan menyenangkan pemain pada platform apapun.

Unity Software
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung  console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Perizinan atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity tersedia dalam bentuk gratis, sedang versi Unity Pro hanya dapat dibeli. Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan perbaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod dan iPad operating system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.

Sejarah Unity dan Perkembangannya
Unity 3d adalah salah satu software yang bagus untuk mengembangkan game 3D dan selain itu juga merupakan software atau aplikasi yang interaktif dan atau dapat juga digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Unity lebih tepat  dijelaskan sebagai salah satu software untuk mengembangkan video game atau disebut juga game engine , yang sebanding dengan game engine yang lain contohnya saja: Director dan Torque game engine. Unity sebanding dengan mereka ( Director dan Torque ) dikarenakan mereka semua sama – sama menggunakan grafis yang digunakan untuk pengembangan aplikasi 3D.
Dalam beberapa tahun perkembangannya, sebelum dirilis, Unity telah diluncurkan pertama kali sebagai versi pra – rilis dengan GooBall sebuah video game yang didesain khusus untuk Apple Macintosh.
GooBall, dengan unity pra – rilis , telah diluncurkan atau diumumkan pada bulan Maret tahun 2005, sementara itu Unity diluncurkan secara resmi sebagai aplikasi yang bersifat komersial pada dua bulan setelahnya yaitu bulan Juni tahun 2005.
Satu tahun kemudian yaitu tahun 2006, aplikasi pengembang game ini telah menjadi nominasi untuk Apple design awards dalam kategori “Best OS X Graphics”.
Unity juga disebut sebagai aplikasi pengembang multiplatform, yang mana artinya unity mendukung untuk mengembangkan aplikasi game dan aplikasi yang lain untuk beberapa platforms seperti game console, Mobile Phone platforms, Windows dan OS X.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus. Sekarang ini Unity sudah ada pada versi 3.0 yang telah diumumkan pada bulan Maret 2010, bagaimanapun versi ini masih didalam pre order, yang mana artinya pengguna dapat memesan tetapi sebenarnya software masih belum rilis untuk pengiriman.
Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan (license), berkisar dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk Unity pro,  untuk satu license dijual dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity yang versi pro menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang versi gratis memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular) , dan desain untuk game online menggunakan Unity watermark.
Lebih dari beberapa tahun banyak game yang dikembangkan dan dibuat berjalan pada Unity, beberapa lebih ketetapan berada dalam satu bungkus atau masukkan: Butuh Kecepatan: Dunia, yang mana sekarang ini dalam perkembangan dan waktunya rilis berikutnya pada tahun ini, WolfQuest, yang mana rilis pada tahun 2007, Tiger Woods PGA Tour Online , yang mana telah dibuat pada April pada tahun 2007 dan Atmosphir , yang mana banyak game baru yang dapat berjalan di Unity.
Harus di catat akan dapat mengembangkan game untuk Iphone/Ipad platform, degan melakukan upgrade plug-in yang dibutuhkan oleh Uniy, untuk licensenya dapat diperoleh pada website Unity.

Fitur-fitur
·         Rendering Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL (Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs (Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.
Unity dapat mengambil format desain dari 3ds Max, Maya, Softimage, Blender, modo, ZBrush, Cinema 4D, Cheetah3D, Adobe Photoshop, Adobe Fireworks and Allegorithmic Substance. Asset tersebut dapat ditambahkan ke game project dan diatur melalui graphical user interface Unity.
ShaderLab adalah bahasa yang digunakan untuk shaders, dimana mampu memberikan deklaratif “programming” dari fixed-function pipeline dan program shader ditulis dalam GLSL atau Cg. Sebuah shader dapat menyertakan banyak varian dan sebuah spesifikasi fallback declarative, dimana membuat Unity dapat mendeteksi berbagai macam video card terbaik saat ini, dan jika tidak ada yang kompatibel, maka akan dilempar menggunakan shader alternatif yang mungkin dapat menurunkan fitur dan performa.
Pada 3 Agustus 2013, seiring dengan diluncurkannya versi 4.2, Unity mengijinkan developer indie mengunakan Realtime shadows hanya untuk Directional lights, dan juga menambahkan kemampuan dari DirectX11 yang memberikan shadows dengan resolusi pixel yang lebih sempurna, textur untuk membuat objek 3d dari grayscale dengan lebih grafik facial, animasi yang lebih halus dan mempercepat FPS.
·         Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton). Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang terkustomisasi untuk debug script.
·         Asset Tracking Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec, engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari jalur built-in.
·         Platforms Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
Rencana platform berikutnya adalah PlayStation 4 dan Xbox One. Dan juga rumor untuk kedepanya mengatakan HTML akan menjadi platformnya, dan plug-in Adobe baru dimana akan disubtitusikan ke Flash Player, juga akan menjadi platform berikutnya.
·         Asset Store Diluncurkan November 2010, Unity Asset Store adalah sebuah resource yang hadir di Unity editor. Asset store terdiri dari koleksi lebih dari 4,400 asset packages, beserta 3D models, textures dan materials, sistem particle, musik dan efek suara, tutorial dan project, scripting package, editor extensions dan servis online.
·         Physics Unity juga memiliki suport built-in untuk PhysX physics engine (sejak Unity 3.0) dari Nvidia (sebelumnya Ageia) dengan penambahan kemampuan untuk simulasi real-time cloth pada arbitrary dan skinned meshes, thick ray cast, dan collision layers

Platform yang mendukung :
 Windows
·         Linux
·         Mac OSX
·         Android
·         iOS
·         windows phone
·         apple
·         PS3
·         PS4
·         PS vita
·         Xbox One
·         Xbox 360
·         Wii
·         androidTV
·         gearVR
·         PS

sumber:

Ogre 3D
OGRE 3D (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah oriented scene, yang fleksibel di tulis dalam bahasa C++ yang di rancang untuk membuat lebih mudah dan lebih intuitif bagi pengembang untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat.
Banyak mesin engine lainnya, secara teknis mengesanka, kekurangan design kohesif dan dokumentasi yang konsisten untuk memungkinkan mereka digunakan secara efektif. Banyak dari mereka yang memiliki fitur daftar panjang, tetapi memiliki nuansa sekelompok demo teknologi, tanpa visi yang jelas.
Fitur fitur yang disediakan ogre 3D adalah :
·         Direct 3D atau open GL dan WebGL
·         Windows, linux, Mac OSX, android, iOS, windows phone

Game Maker
dibuat oleh yoyo games yang digunakan untuk membuat game 2D. Game maker: Studio memperbolehkan kamu untuk mengexport game secara langsung ke windows dekstop, mac OS X , ubuntu, android, iOS, windows store, app store, html5, tizen, amazon, fireTV, playstation vita, playstation 3, playstation 4, dan Xbox One.
Fitur yang disediakan oleh game maker adalah :
·         Drag and drop
·         Game maker language berlandaskan bahasa pemrograman C
·         Mendapatkan real time analytics
·         source control
·         resource tree
·         extension
·         push notification
·         networking
·         audio
·         marketplace
·         player

sumber :

Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment