Konsep Pembuatan Game

by Tuesday, April 19, 2016 0 comments
#PETGAME


Dunia perkembangan Game semakin hari semakin meningkat. Hal itu dapat ditandai dengan meningkatnya taraf resolusi HD yang disediakan oleh game-game sekarang ini dan membuat game-game tersebut memiliki tampilan grafik yang lebih menarik dan terlihat seperti real. Untuk memiliki game beresolusi tinggi tersebut memang membutuhkan laptop dan komputer yang memiliki spesifikasi untuk mendukung resolusi game tersebut. Akan tetapi dalam dunia game tidak hanya grafik saja yang dibutuhkan, namun pentingnya Design Skenario, Script, dan Storyboard game pun sangat dibutuhkan.

A.    Design Skenario


Sebelum masuk pada Design Skenario alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui apa itu Design ? Design merupakan proses untuk membuat dan menciptakan objek baru, sistem, komponen atau struktur. Penggunaan istilah design berawal dari gambar teknik arsitektur.
Skenario merupakan sebuah alur yang disusun oleh seseorang untuk merancang  suatu peristiwa. Skenario game merupakan langkah awal yang akan dijalankan dalam membuat sebuah game. Dengan adanya skenario game dapat mempermudah pembuat game dalam menyelesaikan game tersebut. Pada skenario game pembuat game dapat membuat tema bayangan, genre, tool, gameplay, grafis, suara, perancangan waktu, dsb


B.    Script


Script adalah bahasa pemrograman komputer yang diterjemahkan secara khas dengan tingkat kesulitan yang lebih rendah, dan tanpa aplikasi kompilasi interpreter. Script diciptakan untuk mempersingkat proses pengkompilasian hingga dijalankannya program tersebut. Biasanya script disisipkan kedalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks. Contoh dari bahasa script adalah Ruby, JavaScript, Lua dan PHP.
Konsep pembuatan scripting pada game untuk langkah awal dapat dilakukan pemilihan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Diantaranya bahasa C, C++, dan Java. Proses pembuatan game dapat dikatakan memakan waktu yang cukup banyak. Lamanya pembuatan game tersebut bergantung pada beberapa faktor, seperti genre, skala, dan platform.


C.    Storyboard

S  T  O  R  Y  B  O  A  R  D

Storyboard merupakan visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, dan ditampilkan shot by shot yang lebih sering disebut dengan scene. Storyboard akan lebih menjelaskan tentang bagaimana alur dari permainan itu sendiri. Contoh, pada game arcade tidak memiliki alur cerita akan tetapi game tersebut menitik beratkan pada perolehan point-point.



Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment