Konfigurasi DHCP Server pada Debian 5 Menggunakan VMWare

by Monday, May 08, 2017 0 comments

Kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial cara mengkonfigurasi DHCP Server pada Debian 5 dengan menggunakan VMWare. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.     Buka Iso Debian 5 di VMWare. Kemudian akan muncul virtual OS. Selanjutnya buka terminal seperti gambar dibawah ini:
  


2.     Masuk root dengan menggunakan perintah su, kemudian masukkan password admin.


3.     Langkah selanjutnya adalah mengatur IP Address di OS Debian yang nantinya akan dijadikan sebagai server. Caranya, masuk pada nano editor dengan perintah nano/etc/network/interfaces. Kemudian akan muncul GNU nano network seperti gambar dibawah ini:



Pada gambar tersebut, saya membuat:
Port : eth0
IP Address : 192.168.1.2
IP netmask : 255.255.255.0
IP Network : 192.168.1.0
IP Broadcast : 192.168.1.255
IP Gateway : 192.168.1.1

Perlu diketahui, IP bebas ditentukan. Kemudian tekan Ctrl+O lalu Enter untuk menyimpan dan Ctrl+X untuk keluar dari GNU nano. Selanjutnya restart jaringan dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/networking restart pada terminal.

4.     Selanjutnya, install package DHCP dengan menggunakan perintah apt-get install dhcp3-server seperti gambar berikut:



Kemudian akan muncul pesan seperti gambar diatas, tekan enter.

5.     Setelah itu, masuk ke dalam GNU nano editor untuk file dhcp3-server yang terdapat dalam folder menggunakan perintah nano/etc/default/dhcp3-server maka akan muncul window GNU nano editor seperti berikut:
  


Lalu sesuaikan port yang aktif dan digunakan untuk melakukan konfigurasi DHCP. Seperti gambar sebelumnya, saya menggunakan port eth0. Kemudian tekan Ctrl+O lalu Enter untuk menyimpan dan Ctrl+X untuk ke,uar dari GNU nano.

6.     Masuk ke GNU nan editor untuk file dhcp.conf dengan menggunakan perintah nano/etc/dhcp3/dhcpd.conf untuk memunculkan window GNU nano editor seperti berikut:
  


Konfigurasikan pada baris line mulai dari bawah tulisan #A slightky dfferent configuration for an internal subnet. Pastikan tanda komentar “#”  sampai tanda “}” telah dihapus. Kemudian isikan IP sebagai berikut:

Subnet : 192.168.1.0 (merupakan ip network pada setting langkah sebelumnya)
Netmask : 255.255.255.0 (sesuaikan dengan IP class yang akan digunakan)
Range : 192.168.1.5(spasi)192.168.1.100 (merupakan IP awal sampai IP akhir yang akan digunakan sebagai IP host PC client)
Option routes : 192.168.1.2 (samakan dengan IP Address pada server)
Option broadcast : 192.168.1.255 (samakan dengan IP Address class, namun pada bagian host ganti menjadi 255)

Kemudian tekan Ctrl+O lalu Enter untuk menyimpan dan Ctrl+X untuk keluar dari GNU nano editor.

Disini akan dicoba host client dari PC. Dengan DHCP server berasal dari OS virtual dan client dari OS PC. Caranya adalah sebagai berikut:

1.     Pastikan PC tidak terkoneksi dengan jaringan apapun.
2.     Buka VMWare dan klik kanan pada OS yang sedang berjalan lalu pilih Setting.
  


3.     Klik Network Adapter. Pada Network Connection pilih Custom dan pilih VMnet1(Host-only).



4.     Buka Control Panel\Network and Internet\ Network and Sharing Center lalu pilih VMware Network Adapter VMnet1.



5.     Masuk ke menu Properties TCP/IPv4. Pilih Obtain an IP Address automatically dan Obtain DNS server address automatically lalu klik OK.



6.     Jika sudah selesai mengkonfigurasi file DHCP dan port jaringan di OS Windows dari PC, selanjutnya adalah kembali ke terminal virutla OS Debian untuk merestart DHCP server dengan menggunakan perintah /etc/init.d/dhcp3-server restart seperti gambar berikut:



7.     Terakhir, periksa IP konfigurasi untuk hasil seperti gambar dibawah ini:


 Dapat dilihat bahwa IP host pada PC beruah berdasarkan IP Host yang sudah ditentukan oleh DHCP Server.

Untuk mengetahui cara mengkonfigurasi DNS Server, FTP Server, Web Server, Mail Server, dan Proxy Server dapat dilakukan dengan mengakses link dibawah ini:


Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment