Tugas 3 Pengantar Bisnis Informatika
4IA23
Poppy Chairina A
56413872
Rencana Pembuatan Perusahaan
E-Business
1. Audiya Rahma
2. Andreas Stefano
3. Dea Fegy Karina
4. Dede Utomo
5. Ditta Ayudya Novellia
6. Poppy Chairina A
Ringkasan tentang Perusahaan
e-WearMe akan
didirikan pada tahun akhir tahun 2017 oleh Poppy Chairina Almaida dan tim yang
kemudian akan dipimpin oleh Poppy Chairina Almaida sebagai CEO e-WearMe.
Perusahaan e-WearMe bergerak dalam bidang Penjualan kebutuhan sandang.
Tujuan Perusahaan
e-WearMe
merupakan perwujudan dari konsep DIY (Do It Yours) yang memproduksi industry
fashion dengan harga yang murah agar produk domestik tidak kalah bersaing
dengan produk industry fashion diluar domestik. E-WearMe akan mengedepankan
efisiensi produksi, mutu yang tinggi, dan ketepatan waktu pengiriman dan
distribusi yang terkelola dengan baik.
Visi
Visi kami
adalah memberikan layanan terbaik kepada konsumen dalam menyediakan
produk-produk fashion yang berkualitas.
Misi
Misi kami
adalah menjadi perusahaan nomor satu dalam penjualan dan dalam menyediakan
barang kebutuhan sandang masyarakat Indonesia.
Hasil Produksi
e-WearMe
memproduksi dan menghasilkan barang yang berkulitas tinggi dalam bidang
sandang. Berikut adalah beberapa contoh hasil produksi dari e-WearMe Seperti
Pakaian Pria Dewasa, Pakaian Wanita Dewasa dan Pakaian Anak-anak, dll. Sasaran
pasar dari e-WearMe mengjangkau seluruh kalangan baik dewasa atau remaja, baik
dari kalangan menengah ke bawah maupun kalangan atas. Jalur pendistribusian
yang digunakan ialah dengan menggunakan jasa pengiriman.
Kepemilikan Perusahaan
Bentuk
perusahaan dari e-WearMe adalah sole proprietorship (Perusahaan perseorangan)
dan dimiliki oleh satu orang sebagai pemilik tunggalnya.
Profil Perusahaan
Nama Perusahaan : e-WearMe
Alamat :
Kampung Tambun, Bintara 3, Bekasi Barat, RT01/RW10 No.
100,Jawa Barat.
Nama Pimpinan : Poppy Chairina Almaida
Sejarah Perusahaan “e-WearMe”
e-WearMe yang
akan didirikan pada akhir tahun 2017 ini mempunyai tujuan untuk menjadi
produsen sandang teratas dalam pasarnya. Ide mendirikan perusahaan yang
bergerak di bidang penyedia sandang ini tercetus setelah melihat berkembang
pesat nya era fashion di Indonesia namun tidak diiringi dengan perkembangan
pihak produsen yang seimbang sehingga kami melihat adanya peluang untuk
bersaing dan menjadi yang teratas dalam menjadi produsen sandang yang
menyediakan barang yang berkualitas serta pelayanan yang terbaik.
e-WearMe
sendiri nantinya akan berkantor di Jakarta dengan sistem sewa dan akan disertai
dengan fasilitas-fasilitas yang mendukung. Komputer dengan spesifikasi yang
memadai pastinya akan disediakan karena e-WearMe sendiri berupa perusahaan yang
akan memulai Penjualan nya melalui internet dan sehingga proses pemasaran dan
maintenance produk akan dilakukan melalui komputer. Adapun juga beberapa
ruangan yang di desain khusus dan bertujuan agar menambah produktivitas para
pekerjanya salah satunya adalah ruangan bagi para tim desainer yang nantinya
akan menghasilkan karya-karya bagi produk e-WearMe.
Kualitas
produk merupakan salah satu hal yang penting dan diutamakan dalam perusahaan
e-WearMe. Produk yang akan disediakan oleh e-WearMe berupa pakaian pria,
pakaian wanita serta pakaian anak-anak baik mulai dari bayi sampai remaja.
Semua produk e-WearMe ini akan diproduksi oleh para orang-orang yang ahli dalam
bidangnya sehingga dari segi bahan dan kualitas jahitan nya tidak perlu lagi di
pertanyakan kualitasnya karena quality control e-WearMe menerapkan standar yang
tinggi dalam proses produksi. Selain dari segi kualitas produk, e-WearMe juga
akan bersaing dalam segi harga sehingga akan menetapkan harga yang seimbang
dengan kualitas namun tetap dapat dijangkau oleh semua kalangan. Salah satu
kelebihan produk e-WearMe lainnya adalah dari segi model yang selalu up-to-date
mengikuti perkembangan fashion dunia sehingga para konsumen akan tertarik oleh
produk e-WearMe ditambah lagi dengan beberapa kebijakan yang memihak kepada
konsumen yaitu masalah garansi terhadap produk yang nantinya jika ada konsumen
yang tidak puas dengan kualitas barang dapat melaporkan nya ke layanan konsumen
dan nantinya akan di pertimbangkan apakah layak mendapat garansi penggantian produk
baru.
Tim Manajemen
a.
Poppy Chairina Almaida S.T., M.T
Posisi
: CEO, Pengembangan Organisasi dan Perusahaan
Lahir di Jakarta
22 tahun yang lalu dan sebelumnya adalah Direktur Zara Indonesia pada tahun
2015 silam. Wanita tamatan almamater Universitas Gunadarma ini mencoba untuk
mencoba untuk membangun perusahaan fashion sendiri dan tentunya karya anak
bangsa.
b.
Dea Fegy Karina, S. Ds, M. A
Posisi
: Design Executive
Wanita
alumni almamater Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk meraih gelar
Magister nya ini adalah wanita kelahiran Sukabumi tahun 1995. Sebelumnya, dia
bekerja sebagai Technical Artists di Pixar Animation Studios dan sekarang lebih
memilih pulang ke negaranya sendiri untuk mencoba menerapkan apa yang dia
dapatkan selama di luar negeri dan menerapkannya di Indonesia.
c.
Dede Utomo, S.T, M.T
Posisi
: Design Creative Spv
Mantan
Lead Design Creative Louis Vuitton Indonesia ini bergabung di e-WearMe
baru-baru ini. Pria berusia 23 tahun ini menyelesaikan gelar Magister nya di Institut
Teknik Bandung. Menjadi ketua club desainer ITB dan mendapat banyak penghargaan
di usia muda nya, sangat membantu karirnya melonjak pesat.
d.
Audiya Rahma, S. E
Posisi
: Operational and Marketing Executive
Sebagai
penanggung jawab produk, wanita asal Jakarta ini sebelumnya sudah berpengalaman
sebagai Operational di Lazada Express selama lebih dari dua tahun.
e.
Andreas Stefano, S. E
Posisi
: Marketing Executive Manager
Pria
kelahiran 1995 yang berperan penting dalam strategi pemasaran e-WearMe untuk
luar ataupun dalam negeri ini adalah salahsatu alumni terbaik fakultas ekonomi
Universitas Indonesia. Dia memiliki ide-ide nya yang sangat kreatif dalam
pemasaran produk e-WearMe, sehingga walaupun baru didirikan, e-WearMe bisa
dipasarkan hingga ke luar Indonesia.
f.
Ditta Ayudya, S. Mn.
Posisi
: Sales Executive Manager
Sebagai
ujung tombak dari e-WearMe, wanita ini adalah alumni almamater Universitas
Gunadarma terbaik di angkatannya. Kecakapan berbicaranya dapat memikat banyak
klien dengan mudahnya, baik dari luar ataupun dalam negeri.
Strategi Pemasaran
Strategi
pemasaran yang digunakan oleh e-WearMe adalah dengan melalui penyebaran iklan
elektronik yang akan dimunculkan di beberapa stasiun televisi serta beberapa
situs yang sering dikunjungi dengan begitu para konsumen akan mengenal profil
dari e-WearMe serta bidang apa yang digeluti oleh e-WearMe serta pada grand
opening nya perusahaan kami akan melakukan Pameran produk e-WearMe yang dapat
dikunjungi oleh siapa saja.
Analisis Pasar
Segmentasi
pasar yang mempengaruhi bisnis e-WareMe adalah segmentasi pasar berdasarkan
sociocultural. Karena pada segmentasi ini, konsumen dibagi ke dalam segmen yang
sesuai tahap pada bagian daur hidup keluarga, kelas sosial, budaya dan sub
budaya, serta lintas budaya atau segmentasi pemasaran global. Dan perusahaan
kami mengevaluasi produk kami agar produk kami bisa diterima di kalangan
masyarakat golongan apapun.
Rancangan Tampilan
Rancangan
Logo
Rancangan
Menu
Rancangan
Tentang
Analisa Keuangan
Pangsa pasar
yang luas dari perusahan e-WearMe sehingga dibutuhkan biaya startup yang cukup
besar untuk memenuhi biaya produksi pakaian dalam pembelian bahan baku serta
biaya operasional penjahitan. Maka dari itu tim manajemen telah melakukan
analisa serta perincian dana yang dibutuhkan serta sumber-sumber pendanaan yang
diperlukan dalam menjalankan bisnis ini.
Biaya Startup
good Young CEO....
ReplyDelete