Efek Fisik Game

by Thursday, May 19, 2016 0 comments
Di zaman modern sekarang ini, game konsol telah di lengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan pada video game dapat melaih otot selayaknya sedang melakukan olahraga seperti yang telah disediakan oleh konsol PSP, Nintendo DS, dan sebagainya.
Aktifitas game yang melibatkan fisik seperti, tinju, tennis, balapan, sepakbola, dll yang mengharuskan pemain menggerakkan badannya untuk melakukan permainan.
PC game adalah pintu bagi seseorang untuk memasuki dunia teknologi informasi. Tak diragukan lagi, teknologi canggih ini dengan semua fasilitas yang dimilikinya, mampu menarik para pengguna komputer khususnya pada anak-anak dan remaja.  Permainan memiliki dua tujuan utama, pertama mendidik serta memperkokoh daya pikir dan mental, hiburan, menikmati kenikmatan dan mengekspresikan kepuasan seseorang.

Game online adalah salah satu bukti nyata dari kemajuan teknologi masa kini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat gemar memainkannya. Namun sayangnya, saat ini banyak orang yang telah menjadi pecandu berat permainan tersebut hingga menyalahgunakannya. Khususnya pada anak-anak dan remaja, game online yang dimainkan secara berlebihan dampaknya justru dapat sangat merugikan. Anak-anak yang bermain game lebih dari 15 jam seminggu atau kira-kira 2,5 jam lebih perhari bisa disebut kecanduan pathologis. Selama tidak dimainkan berlebihan, game dapat memberikan manfaat yang positif.
Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa dampak negatif game online yang dimainkan tidak sesuai dengan porsinya, diantaranya:

A.     Dampak Buruk (Negatif) Main Game
1.     Dari Segi Jasmani  
  •  ·  Kesehatan Menurun. Tidak mengherankan anak-anak yang memiliki kegemaran memainkan permainan ini memiliki daya tahan tubuh yang lemah akibat kurangnya aktivitas fisik, duduk terlalu lama, sering terlambat makan, sering terpapar pancaran radiasi dari layar monitor komputer dan sebagainya. Penyakit-penyakit yang sering dijumpai pada mereka yang mengalami kecanduan memainkan permainanan ini, diantaranya: serangan jantung, stroke, mata minus, obesitas, paru-paru, dislokasi jari-jari tangan, penyakit saraf, ambeien dan penyakit di sekitar tulang punggung.
2.     Dari Segi Psikologis
  •   · Gangguan Mental. Banyaknya adegan di game online yang mengajarkan untuk melakukan tindakan kriminal serta kekerasan, seperti: perkelahian, pengrusakan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya, yang secara tidak langsung telah memengaruhi alam bawah sadar seseorang bahwa kehidupan nyata ini adalah layaknya sama seperti di dalam permainan tersebut. Ciri-ciri seseorang mengalami gangguan mental akibat pengaruh game online adalah: mudah marah, emosional, mudah mengucapkan kata-kata kotor, memaki, mencuri, dan sebagainya.
  •  ·  Menghambat Proses Pendawasaan Diri. Mengapa ? Karena dunia di dalam permainan online ada yang mengajak seseorang untuk hanyut serta larut dalam alur bahwa seseorang tidak mungkin tumbuh menjadi dewasa. Seseorang yang telah terpengaruh, biasanya akan ditandai dengan sikap: pemalu, minder, kurang percaya diri, manja dan bersifat kekanak-kanakan.
3.     Dari Segi Waktu  
  •   · Dapat mempengaruhi prestasi. Mengapa? Karena waktu luang yang seharusnya sangat ideal untuk digunakan mempelajari mata pelajaran sekolah justru lebih sering digunakan untuk menyelesaikan level demi level dalam permainan tersebut, daya konsentrasi mereka umumnya juga terganggu sehingga kemampuan dalam menyerap mata pelajaran yang disampaikan oleh guru menjadi tidak maksimal. Pada orang dewasa, game online dapat mempengaruhi produktivitas mereka di tempat kerja, sehingga bila tidak segera dihentikan, maka tidak menutup kemungkinan akan berujung dengan pemecatan.
4.     Dari Segi Keuangan
  •   · Mengajarkan Pemborosan. Permainan online juga mendidik seseorang untuk hidup boros, bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas komputer di rumah, mereka terpaksa harus datang ke warnet yang menyediakan permainan-permainan tersebut dan otomatis harus mengeluarkan uang. Biaya pemakaian listrik di rumah pasti juga akan mengalami pembengkakan, khususnya bagi mereka yang menggunakan komputer desktopselama berjam-jam tanpa henti.
  •   · Mengajarkan Ketidakjujuran. Bermain game online terkadang membutuhkan biaya, untuk membeli vouchernya saja supaya tetap bisa memainkan salah satu jenis permainan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari permainan ini adalah mengajarkan seorang anak (yang belum memiliki penghasilan sendiri) untuk melakukan kebohongan (kepada orang tuanya)


B.     Dampak Baik (Positif) Main Game Bagi Kesehatan Fisik dan Mental
1.  Dapat meningkatkan kecerdasan dan keterampilan tangan jika game yang dimai kan adalah game yang baik.
2.   Bisa dimanfaatkan untuk pasien penyakit atau gangguan kesehatan tertentu.
3.   Bisa membuat badan menjadi sehat karena digunakan untuk latihan olahraga fisik seperti game wii fit.
4.  Dapat menghilangkan stress, rasa bosan, serta menekan kebiasaan buruk seseorang.
5.    Menghambat proses penuaan
6.    Meningkatkan daya penglihatan
7.    Mengajarkan untuk menghargai kegagalan
8.    Meningkatkan kemampuan untuk mengambil keputusan
9.    Membantu proses pembelajaran
10.  Meningkatkan kemampuan motorik.
11.  Meningkatkan kemampuan kerjasama tim



Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment