BISNIS/USAHA

by Monday, October 31, 2016 0 comments

PERENCANAAN DAN PEREKRUTAN TENAGA KERJA DALAM BISNIS/USAHA

Pada tugas ke-2 ini akan membahas mengenai sebuah bisnis/usaha yang melakukan perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Seperti yang sudah di jelaskan pada blog sebelumnya, bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada para pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya guna memperoleh keuntungan. Faktor terpenting yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis/usaha adalah adanya sumber daya manusia. Dalam membentuk sebuah bisnis/usaha pasti akan melakukan perencanaan dan perekrutan tenaga kerja. Perencanaan seperti apa yang dimaksud? perencanaan yang dimaksud adalah perencanaan sebuah cara untuk penetapan lajuan serta bagaimana cara untuk mencapai sebuah tujuan. Faktor dalam membuat perencanaan bisnis/usaha adalah Bisnis/usaha apa yang akan dibentuk, bisnis/usaha seperti apa yang akan dibangun, komitmen apa yang akan dibuat dalam menjalankan bisnis/usaha tersebut, tujuan apa yang aan dicapai, karyawan seperti bagaimana yang akan dipekerjakan pada bisnis/usaha tersebut. Adapula tahap-tahap perencanaan dan perekrutan tenaga kerja tersebut, yaitu:
1.    Perekrutan Tenaga Kerja
Pererutan tenaga kerja dapat disebarkan melalui media massa, media social, ataupun dari mulut ke mulut.
2.    Seleksi Tenaga Kerja
Penyeleksian dapat dinilai dari beberapa syarat yang diajukan kepada para calon tenaga kerja seperti kelengkapan ijazah, nilai IPK, daftar riwayat hidup, tes wawancara, tes kemampuan, danlainnya.
3.    Pelatihan Tenaga Kerja
Pelatihan tenaga kerja dapat berupa pelatihan indoor ataupun outdoor dan dapat dijadikan sebagai sarana refreshing bagi para calon tenaga kerja.
4.    Penilaian Tenaga Kerja
Saat ini banyaknya sebuah bisnis/usaha yang menggunakan sistem kontrak untuk merekrut para calon tenaga kerjanya. Hal ini bertujuan untuk melihat hasil kerja para calon tenaga kerja yang sudah lulus pada tahap-tahap sebelumnya. Untuk para pekerja baru, ini dapat dijadikan tolak ukur bagi atasan untuk mempertimbangkan dalam memperpanjang kontrak atau tidak.

Selanjutnya pada pembahasan mengenai tanggung jawab social. Sebagai pebisnis/pengusaha mereka merupakan orang yang pandai dan berbakat dalam melihat peluang bisnis/usaha yang ada dengan resiko untung dan rugi yang dapat dikatakan cukup besar. Oleh Karena itu, seorang pebisnis/pengusaha yang sering disebut wirausahawan harus memiliki mental yang kuat dalam menghapadi sebuah permasalahan yang menguntungkan/merugikan bisnis/usahanya. Wirausahawan dalam menjalankan usaha/ bisnisnya harus percaya diri dengan keputusan yang akan diambil, kreatif, inovatif, dan mempunyai pendirian yang kuat. Untuk memulai sebuah bisnis/usaha harus ada perencanaan yang matang. Perencanaan merupakan bagian yang terpenting dari semua fungsi management untuk memulai sebuah bisnis/usaha.
Setelah mempunyai perencanaan yang matang, wirausahawan dapat merekrut sumber daya manusia. Apasih sumber daya manusia itu ? Sumber Daya Manusia atau sering disingkat dengan SDM adalah kemampuan daya piker dan daya fisik yang dimiliki setiap individu, dimana perliaku dan sifat yang dimiliki ditentukan oleh faktor keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan guna memenuhi kepuasannya. Seorang wirausahawan harus merekrut SDM yang tidak hanya pintar, akan tetapi SDM yang ingin bekerja keras dan memiliki passion yang sama namun yang paling utama adalag kecintaan terhadap pekerjaan yang dimilikinya.
Jika sudah memiliki perencaan dalam memulai bisnis/usaha dan SDM, wirausahawan dapat menjalankan bisnis/usahanya sampai menjadi wirausahawan yang sukses. Lantas bagaimana untuk menjadi wirausahawan yang sukses ?
1.    Wirausahawan tersebut harus memiliki visi dan misi yang jelas. Wirausahawan tersebut harus tahu kemana ia harus melangkah dan kemana arah tujuan dari bisnis/usahanya tersebut.
2.  Wirausahawan tersebut harus inisiatif dan proaktif tanpa harus menunggu apa yang akan terjadi, namun ia harus bertindak dan terus bergerak maju untuk mencari peluang bisnis/usaha
3.    Wiarusahawan harus berorientasi pada prestasi.
4. Wirausahawan harus berani mengambil resiko yang ada. Entah resiko tersebut akan menghasilkan keuntungan untuk bisnis/usahanya atau akan merugikan bisnis/usahanya
5.    Wirausahawan harus bekerja keras.
6.   Wirausahawan harus berani bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan apa yang telah ia perbuat, dengan apa yang telah ia pilih.
7.  Wirausahawan harus memiliki hubungan baik dengan berbagai pihak guna memperlancar kerja sama dengan partner atau mitra bisnisnya.



Mata Kuliah              :Pengantar Bisnis Informatika
NPM/Nama/Kelas    :56413872/Poppy Chairina A/4IA23
Materi Tugas             : Perencanaan, Perekrutan Tenaga Kerja, dan Tanggung Jawab Sosial
Dosen                        : Rina Noviana

Tugas Ke-                  :2

Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment