Mobile Computing

by Saturday, April 22, 2017 0 comments

Mobile Computing

            Mobile computing merupakan sebuah kemampuan teknologi yang berfungsi untuk menghadapi perpindahan/pergerakkan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. Ada pula beberapa engertian mengenai mobile computing, yang diantaranya adalah :

·         Mobile computing sering dikatakan sebagai kemajuan teknologi komputer, sering juga disebut mobile computer yang dapat berkomunikasi dengan jaringan nirkabel.

Perkembangan mobile computer sangat luar biasa. Hal tdak lepas dari perkembangan-perkembangan mobile computer dari waktu ke waktu. Berikut sedikit sejarah mengenai perkembanngan mobile computer, yakni:
·         Dynabook (1968)
Alan kay mengembangkan sebuah komputer portable yang nantinya menawarkan sebuah media elektronik yang modernyang dperuntukkan untuk anak-anak.
·         Gir Compass (1982)
Teknologi ini dirancang dan di kembangkan oleh grid sangat terdepan. Covernya dapat dilipat dan terintegrasi sebuah flatscreen serta casing magnesium yang ultralight. Namun ini diteruskan dan dikembangkan oleh Bil Moggridge ini terlalu mahal dengan harga mencapai US$ 10.000
·         Oseborne 1 (1981)
IBM 1311 diperkenalkan pada taggal 11 Oktber 1962, hardisk ini bisa menyimpan sampai dengan 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316).
·         Compaq SLT 286 (1988)
Laptop pertama yang sudah dilengkapi dengan baterai hardisk dan LCD. Layarnya menaawarkan resolusi VGA penuh
·         Sharp Multicolor 386 PC 8041 (1990)
·         USB Interface (1997)
·         WLAN untuk semua (1999)

Jenis-jenis mobile computing:
o   Laptop. Merupakan komputer portable, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasu pada sebuag casing. Kegunaan laptop sama dengan komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memdahkan pengguna membawanya kemana-mana.
o   Wearable computer yang dipakaikan ditubuh manusia. Contohnya adalah Computer Glester Ridgeline W200. W200 ini terdapat dari paduan magnesium bertualang yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan.
o   PDA (Personal Digital Assistants) adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana.
o   Smartphone adalah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikatakan kemampuanya menyerupai kemampuan PC
o   Carputer
o   UMPC

Mobile Computing memiliki kelebihan yaitu:
1.    Mobilitas. Yang dimaksud mobilitas disini adalah pengguna dapat melakukan pekerjaan dimana pun dan kapanpun tanpa perlu terikat dengan suatu tempat. Pengguna dapat melakukan chatting, berkomunikasi, dan sebagainya dimana pun yang pengguna inginkan
2.    Keefektifan. Dengan menggunakan mobile computing banyak pekerjaan yag dapat terselesaikan Karena fleksibilitas dalam hal tempat bekerja.

Selain kelebihan yang diberikan oleh mobile computing, mobile computing juga memiliki kekurangan, yaitu :
1.    Rendahnya jaringan bandwith. Dengan mobile computing pengguna dapat terhubug ke jarinan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area Network(LAN), nirkabel seluler, satelit, dan banyak lagi. Setiap nirkabel memberikan kapasitas bandwith yang berbeda-beda.

2.    Koneksi yang lemah. Pengguna sering mengalami koneksi terputus. Hal ini terjadi karena beberapa alasan termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, are blank spot, dan penghemata daya.

Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment