PERKEMBANGAN SOCIAL NETWORK DI INDONESIA
Di indonesia kemajuan teknologi sudah berkembang sangat pesat
karena majunya sistem perekonomian di bagian konsumsi barang-barang
import dari luar negeri. Kemajuan teknologi juga berkembang di bagian
internet terutama di bagian social network. Masih ingatkah anda dengan
Social Network yang DULU sempat sangat booming di Indonesia ini?
Contohnya seperti friendster. Saat pertama kali friendster muncul di
indonesia, social network ini sangat terkenal karena banyak orang bisa
berkomunikasi dengan tampilan yang menarik dan sistem yang up to date.
Memang Friendster merupakan media digital, social-networking, tetapi
sudah lama ditinggalkan orang dan tidak disentuh masyarakat. Secara
produksi dan distribusi, Frendster bisa dikatakan New-Media, tetapi
secara waktu dan manfaat, kini Friendster sudah dilupakan orang karena
sekarang sudah banyak bermunculan social networking baru seperti
facebook, twitter, google plus, maupun kaskus. Di bawah ini ada beberapa
penjelasan tentang social network yang booming di indonesia.
Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan
situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan
dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih
dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan
tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi,
atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku
yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal
satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh
Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga
memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut
kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang
ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara
luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain
yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Google+ adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa
internet, google. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikis dominasi
Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa
tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha kesekian google untuk
melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan google wave,
google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena
respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia
menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.
Di indonesia seperti twitter, facebook dan google plus sangat banyak
pengguna atau user yang dapat mengaksesnya kapan saja. Ini disimpulkan
bahwa kemajuan new media di indonesia terutama di bidang social
networking saat pesat kemajuannya. Tetapi dalam bidang user atau
pengguna bukan penciptanya, meskipun sudah banyak orang indonesia yang
membuat seperti contohnya kaskus dan yahoo koprol.
0 comments:
Post a Comment