REVIEW GAME ONLINE DAN OFFLINE

by Monday, June 27, 2016 0 comments

#PETGAME

Game. Siapa sih yang ga kenal game ? Sebuah hiburan yang bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja. Semua orang pasti pernah memainkan game jenis apapun itu. Dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Semua pasti pernah main game. Semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang pula permainan-permainan yang ada. Inget ga sih permainan tahun ‘90an ? kita baru bisa main kalau kita punya teman bermain. Tetapi coba lihat permainan sekarang, kita bisa bermain kapanpun dimana pun walau kita tak punya teman bermain. Ya. Permainan sekarang sudah jauh lebih berkembang dari tahun ’90. Yang dimana teman-teman pada tahun ’90 sebagai dapat digantikan dengan “computer”  yang tersedia pada gadget atau eletronik. Dengan salah satu dari alat-alat tersebut kita sudah dapat memainkan 2 jenis permainan yaitu Game Online dan Game Offline.


Game Online. Game online merupakan sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Sudah banyak game online yang tersedia dan siap untuk dimainkan salah satunya adalah ninjump dash pada android dan left4dead pada PC.

·        Ninjump Dash

Ninjump dash merupakan salah satu game online berbasis Android dari banyaknya game-game Android yang ada. Ninjump dash merupakan game bergenre racing yang dimana pada game tersebut pemain berlomba untuk sampai pada garis finish dengan rintangan-rintangan yang ada. Pemain dituntut untuk menjadi juara dengan menggunakan kemampuan, kecekatan, serta senjata yang disediakan dalam game tersebut.

Ninjump dash membekali pemain dengan senjata yang digunakan untuk menghambat pemain dalam mencapai garis finish. Yang dimana dalam 1 kali permainan hanya dapat bermain dengan 4 orang lawan.

Apabila mendapat juara 1 pemain akan mendapatkan reward berupa 20 medali, 7 piala dan 25 koin. Sedangkan juara 2 pemain akan mendapatkan reward berupa 15 medali, 5 piala, dan 15 koin. Begitupula dengan juara 3 yang akan mendapatkan 10 medali, 3 piala, dan 10 koin. Dan juara 4 akan mendapatkan 5 medali, 5 koin, dan piala akan berkurang 3 (-3).

Dari setiap reward tersebut memiliki kegunaannya masing-masing. Medali berguna untuk memangkan league yang dibuat oleh ninjump dash setiap 1 hari sekali. Apabila dalam league tersebut pemain menduduki posisi pertama, pemain akan mendapatkan jade sebanyak 160 buah. Jade tersebut berguna untuk membeli karakter-karakter yang tersedia pada permainan ninjump dash tersebut. Koin digunakan untuk membeli senjata senjata yang disediakan oleh ninjump dash. Dan piala berguna sebagai tolak ukur pemain satu dengan yang lainnya.


Ada pula ftur-fitur yang disediakan oleh ninjump dash tersebut yaitu, pengembangan tampilan karakter dalam bentuk kostum yang dapat di beli dengan menggunakan gold atau jade. Ada pula fitur text message yang digunakan untuk berkomunikasi berupa visual gambar teks yang dapat dibeli dengan menggunakan jade atau gold yang didapatkan dari setiap kali bertanding. Fitur daily login yang berhadiah setiap kali pemain login perharinya. Ada pula fitur race with friend yang digunakan untuk bermain bersama teman yang diinginkan. Fitur add friend, dll

·        Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2 merupakan merupakan salah satu game online PC dari banyaknya game-game PC yang ada. Left 4 Dead 2 merupakan game online dengan genre first-person shooter. Yang dimana pada game ini mengisahkan tentang wabah, merebak dan membuat orang yang terkena akan berubah menjadi zombie. Yang tersisa hanyalah 4 orang saja yang harus terus bertahan hidup diantara orang-orang yang telah berubah menjadi zombie. Keempat orang tersebut harus berjuang agar tidak terinfeksi virus zombie tersebut. Berjuang bersama dari satu gedung ke gedung lain untuk mencari lokasi yang aman dari serangan zombie demi sampainya pada titik evakuasi di New Orleans yang mungkin saja dapat menyelamatkan mereka dari serangan dan kejaran zombie.

Untuk mencapai titik tersebut, pemain memiliki 5 misi, dimana pada setiap misi-misi tersebut akan saling berkaitan. Dan di masing-masing misi tersebut terdapat 4 sampai 5 buah peta yang akan menuntun mereka untuk sampai pada titik penyelamatan. Sedangkan pada misi terakhir, keempat orang tersebut diharuskan untuk bertahan dari serangan zombie selagi menunggu tim penyelamat datang untuk menyelamatkan mereka.


Pada permainan left 4 dead 2 ini terdapat 4 pilihan permainan yang diantaranya campaign,  versus, survival, scavenge. Pada mode campaign, pemain diberikan misi khusus untuk melawan zombie yang dikendalikan oleh komputer. Sedangkan pada mode versus, pemain diberikan misi untuk melawan zombie yang akan dikendalikan oleh temannya. Berbeda dengan survival. Mode survival memberikan batasan waktu kepada pemain untuk tetap bertahan dari serangan zombie sampai waktu tersebut habis. Berbeda pula dengan scavenge yang memaksa pemain untuk mengumpulkan kaleng gas untuk membuat generator terus menyala dan mendapatkan tambahan waktu ditengah seragan zombie yang seakan akan tiada habisnya.

          
       Game offline. game offline merupakan game yang tidak membutuhkan jaringan internet dan bisa ditamatkan. Ratusan bahan ribuan game offline yang tersedia untuk gadget dan PC. Tetapi kali ini saya akan membahas 1 game Android dan 1 game PC saja. Diantaranya adalah dots pada game Android dan LIMBO pada PC.

·        DOTS
          Dots merupakan game puzzle dengan kotak persegi yang berukuran 6x6 dengan berisikan bola warna warni. Pemain diharuskan untuk menghilangkan bola-bola tersebut dengan cara menyambungkan dari satu ke yang lainnya. Semakin banyak bola yang berhasil dihilangkan semakin besar pula pemain memperoleh skor. Pada permainan dots ini terdapat satu pola persegi yang dapat membuat pemain menghilangkan seluruh warna dots pada pola itu. Dengan begitu otomatis poin yang akan didapatkan akan bertambah dengan cepat dan lebih banyak dari yang tidak menggunakan pola tersebut.

          
         Pada game dots memiliki 3 mode yaitu timed, moves, dan endless yang dimana setiap modenya memiliki misi yang berbeda beda. Pada mode timed, pemain diharuskan untuk memecahkan dots sebanyak banyaknya sampai waktu yang ditentukan. Sedangkan pada mode moves, pemain hanya dapat memecahkan dots dalam 30 perpindahan atau gerakkan. Lain berbeda dengan endless, pada mode endless pemain dapat bermain selama-lamanya dan sebanyak-banyaknya. Akan tetapi untuk memainkan mode ini pemain diharuskan untuk membayar $1.

·        LIMBO
          
       Limbo merupakan sebuah 2 Dimensi dengan warna hitam putih. Namun tetap terlihat bagus, kamu tetap dapat melihat objek dengan jelas karena penggunaan warna gradasi yang jelas. Depth of field juga tergambarkan dengan baik sehingga walaupun 2D tapi tetap berkesan 3D. Awalnya tampak biasa untuk game limbo ini.  Tapi tidak akan merasa biasa ketika pemain sudah masuk pada game tersebut. Ya. Game tersebut penuh tanda tanya. Game tersebut memaksa pemain untuk berfikir keras demi memecahkan jalan untuk mencapai garis akhir.


Pada game limbo,  pemain memerankan seorang anak kecil yang tiba-tiba saja terbangun di hutan, tanpa mengenali siapa dirinya, bagaimana bisa sampai dihutan itu, dan juga tidak tahu mau kemana. Pemain diharuskan untuk mencari tahu apa yang ada dan juga terjadi di hutan itu, sampai akhirnya pemain menyadari bahwa hutan itu adalah tempat yang sangat berbahaya, dan tujuan pemain pun menjadi jelas setelah tahu bahwa keadaan tidak aman, yaitu segera melarikan diri dari hutan. Tidak ada cutscene ataupun tampilan loading yang menghentikan aksi pemain, membuat pemain lebih mudah untuk segera melarikan diri dari dunia Limbo yang mencekam. Dari awal sama akhir permainan, game ini tidak ada henti-hentinya menghadirkan kejutan, hal yang menyenangkan, dan juga hal yang mengerikan kepada pemain.


          Ada sedikit kejanggalan pada alur cerita game. Pada awal permainan, pemain akan dihadapkan dengan banyak makhluk yang menarik. Setelah melewati bagian itu, pemain akan berada pada kawasan industri yang sepi. Teka-teki yang ada didalam game akan berkembang menjadi lebih menarik dan lebih rumit, tapi hilangnya bentuk kehidupan lain membuat hubungan emosional pemain dengan game menjadi berkurang. Akhir cerita Limbo bisa membuat pemain merinding, salah satu ending game terbaik dapat pemain lihat di game ini. Pada bagian akhir permainan, pemain akan menemukan teka-teki yang semakin banyak untuk diselesaikan, lalu petualangan pemain akan berakhir secara tiba-tiba.



Karakter pemain akan sering mengalami kematian didalam game ini. Tapi jangan khawatir, pemain tidak akan dibuat frustasi karena hal ini. Pengembang game ini menggambarkan game Limbo memang seperti sebuah game trial-and-death. Ketika pemain menjelajah didalam hutan, pemain akan dihadapkan dengan rintangan yang sering kali membunuh karakter pemain secara tiba-tiba dengan cara yang amat mengerikan. Pemain akan sering melihat adegan seorang anak kecil yang terpenggal oleh perangkap beruang, tapi setelah karakter pemain mati, karakter pemain akan dihidupkan kembali tepat sebelum perangkap tersebut memenggal kepala karakter pemain, sehinggap pemain bisa memikirkan cara yang tepat untuk menghindari perangkap itu. Game ini merupakan game yang cerdas yang pada akhirnya menjadi game yang cukup sulit untuk diselesaikan. Pemain dijamin akan betah berdiam diri didepan konsol selama lima sampai enam jam untuk menyelesaikan game ini. Game ini memang memiliki gameplay yang tidak panjang, tapi menghadirkan gameplay yang sangat apik.

Limbo adalah game yang pantas mendapat penghargaan. Hanya ada sedikit game saat ini yang memiliki gameplay yang berbeda, dan juga ide yang cemerlang seperti yang dihadirkan Limbo. Game ini layak untuk dikoleksi oleh semua orang. Petualangan yang ada di Limbo memang sangat singkat, tapi pemain akan terhibur disetiap menitnya. Limbo adalah salah satu game yang dapat dengan mudah disukai banyak orang.

Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment