Tipe Interface Pada Game Online dan Offline

by Monday, June 27, 2016 0 comments


#PETGAME


Oke. Kita udah bahas 2 game onlie dan 2 game offline pada blog sebelumnya. Sekarang waktunya bahas tipe-tipe interface pada ke empat game tersebut. Sebelum kita bahas nih, ada yang tau ga sih interface itu apa ? Yap betul. Interface itu sebuah system yang diracang untuk mengolah input dan output dari data. Interface dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Graphical User Interface(GUI) dan Text Base. Apa sih bedanya GUI dan Text Base ? Graphical User Interface(GUI) menggunakan unsur-unsur multimedia sepertu gambar, suara, video untuk berinteraksi dengan pengguna. Sedangkan Text Base  lebih menggunakan syntax/rumus yang sudah ditenukan untuk memberikan perintah.
Nah interface tiu sendiri terdiri dari 4 jenis. Yang pertama, Diegetic. Apa sih Diegetic itu ?  diegetic itu merupakan jenis interface yang dimana pemain dan objek dapar berinteraksi melalui visual, audible atau haptic. Kedia, Meta. Meta merupakan jenis interface yang dimana pemain dan objek masih dapat mempertahankan narasi permainan seperti permainan olahraga atau permainan balap. Kemudian ada Spatial. Spatial nin digunakan ketika ada kebutuhan untuk memecahkan narasi dalam rangka untuk memberikan informasi lebih kepada pemain melebihi yang disadari karakter. Yang terakhir adalah Non-Diegetic. Non-Diegetic merupakan interface yang memiliki kebebasan untuk benar dihapus dari fiksi permainan dan geometrid an dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering di pengaruhi oleh arah seni permainan. Masih bingung ya ? Oke biar ga tambah bingung sekarang kita bahas interface dari ke empat game sebelumnya.
·         Ninjump Dash
Ninjump dash merupakan game Android berbasis GUI dengan tipe interface Meta yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang posisi track kepada pemain.  Menu Selection dikatakan sebagai interface pada game Ninjump Dash, karena pada game tersebut terdapat menu yang digunakan pemain untuk memilih menu mana yang akan dijalankan. Kalau Command Langauge dikarenakan pada game Ninjump Dash terdapat text massage sebagai alat interaksi dari pemain satu dengan pemain yang lainnya.
·         Left 4 Dead
Left 4 Dead 2 merupakan game PC yang menggunakan interface GUI dengan didukung oleh 3D modelling sehingga membuat game tersebut tidaklah flat berupa gambar semata melainkan bentuk 3 Dimensi dengan tipe permainan First Person. Didalam game tersebut terdapat interface lain seperti Non-diegetic contohnya adalah HUD(Head-Up Display) yang dimana interface tersebut berfungsi untuk menampilkan informasi berupa Health/darah dari pemain. Pada Left 4 Dead 2 terdapat pula tipe interface Meta yang digunakan untuk menampilkan kesan percikkan darah pada layar.
·         Dots
Dots merupakan salah satu dari banyaknya game offline pada Android. Pada game dots tersebut menggunakan interface GUI yang didukung dengan 2D modelling dengan tampilan Third Person. Pada permainan Dots ini lebih memiliki banyak warna yang digunakan.
·         Limbo
Sama halnya dengan dots, game Limbo merupakan salah satu dari banyaknya game offline pada PC yang menggunakan interface GUI dengan didukung oleh 2D modelling dengan tampilan Third Person. Game limbo tersebut lebih mayoritas dengan variasi warna hitam dan putih saja.

Unknown

Developer

Mahasiswi Universitas Gunadarma

0 comments:

Post a Comment